Benarkah Akupuntur Melangsingkan Tubuh ?

Image

Selama ini di masyarakat kita terapi akupuntur dikenal berguna untuk melangsingkan tubuh. Ada sebagian orang tidak setuju dengan pendapat ini, mereka mengatakan tidak benar bahwa akupuntur bisa melangsingkan tubuh. Bagaimana sebenarnya ?

Tubuh langsing dan ideal memang tidak dapat serta merta diperoleh hanya dengan akupuntur (tusuk jarum) saja. Semua itu tentu ditunjang dengan perubahan gaya hidup jangka panjang yang menjadikan tubuh langsing dan sehat.

Pada dasarnya, berat badan otomatis akan turun jika asupan kalori lebih sedikit dari kalori yang dikeluarkan tubuh untuk beraktivitas. Maka akupuntur tidak akan membantu menurunkan berat badan kalau pola makan dan gaya hidup secara umum tidak dirubah. Sampai saat ini tidak ada obat ampuh untuk menurunkan berat badan tanpa mengubah pola makan dan olahraga.

Agar penanganan obesitas dengan metode akupuntur membawa keberhasilan maka seyogyanya diimbangi dengan perubahan gaya hidup dan pola makan yang tepat.

Dalam melakukan akupuntur, ada dua titik pada tubuh yang ditusuk. Pertama adalah titik keinginan untuk terus makan dan yang kedua adalah titik metabolisme. Maka, fungsi dari akupuntur adalah bekerja membantu mengendalikan rasa lapar dan membantu menjalani masa adaptasi. Sehingga, meskipun tidak makan nasi, dengan akupuntur kita tidak merasakan pusing dan tidak mengalami penurunan gula darah secara drastis.

Apa yang harus dilakukan :

·         Mengurangi asupan gula

·         Mengurangi konsumsi karbohidrat, dan konsumsilah karbohidrat kompleks dari umbi-umbian yang insyaa Allah lebih sehat daripada nasi putih, mi maupun roti. Dan, karbohidrat ini jumlahnya tidak boleh lebih banyak dari makanan sumber protein dan sayuran.

·         Memperbanyak protein

·         Konsumsi sayuran secara berganti-ganti setiap hari

·         Makan buah secara rutin, namun jangan terlalu banyak sebab buah termasuk sumber gula

(dr. Ferihana Ummu ‘Abdirrahman)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>