Pilih Daging Kambing atau Sapi ???

Ied Mubaarok. Taqabbalallaahu minnaa wa minkum…

Iedul Adha adalah hari berqurban, tentu banyak daging dihadapan kita. Bagi kita yang tak menderita penyakit Jantung, hiperkolesterolemi dan hipertensi (tekanan darah tinggi) tidak perlu risau memilih daging yang akan disantap. Namun tentu berbeda bagi penderita ketiga penyakit tersebut…Nah tulisan ini saya dedikasikan untuk mereka yang menderita penyakit jantung, hiperkolesterolemia maupun hipertensi.

Data penelitian membuktikan hal dibawah ini :
• Kandungan kolesterol kambing berkisar 5-39 mg/100g kambing, sementara kolesterol daging sapi: 42-78 mg/100 g
• Daging kambing mempunyai kandungan lemak yang lebih rendah dibanding dengan daging domba atau sapi, jika dibandingkan dalam kadar dan bentuk yang sama. Kandungan lemak rata-rata pada kambing adalah 20%, sedangkan pada sapi adalah 25 % sedangkan pada domba justru paling tinggi yaitu 30%.
• Daging kambing memiliki kandungan iron (zat besi), potassium dan thiamine (vitamin B1) yang lebih tinggi, di lain pihak kandungan sodiumnya lebih rendah dibandingkan dengan daging lain, sehingga lebih aman bagi penderita hipertensi.
• Daging kambing memiliki lemak 50% lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi dan 45% lebih rendah dibandingkan dengan daging domba
• Dalam 100 gram daging kambing, terdapat 154 kalori, 9,2 mg lemak, 3,6 mg lemak jenuh. Sedangkan, pada 100 gram daging sapi terdapat 207 kalori, 14 mg lemak, dan 51 mg lemak jenuh.

Jadi, intinya daging kambing insyaa Allaah lebih sehat dibandingkan daging sapi. Mau pilih yang mana ? 😉

Dirangkum dari berbagai sumber dan Proceedings Nutrition Society of Australia 1997

dr. Ferihana Ummu ‘Abdirrahman

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>